Minggu, 25 Desember 2016

Primadona Raja Jalanan

Langkah Pena - Pada era 1980-an hingga 2009 di Indonesia dihiasi oleh motor roda dua dengan mesin 2-tak yang sangat legendaris mejadi raja jalanan. Pada masa itu, mayoritas masyarakat memilih mesin motor 2-tak dibanding mesin 4-tak. Karena motor 2-tak lebih cepat dan spontan dalam akselerasi perjalanan dengan spare part gampang ditemukan. Mesin 2-tak yang menjadi primadona adalah Yamaha RX King. Tak heran, jika Yamaha RX King menjadi bahan perbincangan yang populer dalam dunia otomotif hingga saat ini. Selain itu, RX King dikenal masyarakat dengan sebutan motor penjambret. Dari jarak yang begitu jauh, sudah terdengar kekhasan suara knalpotnya yang berbunyi “ngookkk ngookk ngoookk” atau berbunyi nyaring cempreng. Usia Yamaha RX King di tanah air terbilang lama, yakni kurang lebih 25 tahun.
Yamaha RX King hadir di Indonesia terbagi menjadi empat generasi milenium walaupun tidak sepenuhya berubah namun spesifikasi disetiap generasi memiliki ciri khusus. Bodi yang dimiliki Yamaha RX King sangat eksotik dan menggairahkan untuk dimiliki. Berikut empat generasi Yamaha RX King yang menjadi legendaris dalam dunia otomotif dan menjadi raja jalanan, yaitu:



1.    Yamaha RX King Cobra (1983-1995)
Pada masa milenium pertama RX King Cobra muncul antara tahun 1983-1995 menghiasi jalanan di Indonesia. Disebut Cobra karena tangki bensin berbentuk seperti leher Cobra yang lebar sehingga siap untuk melawan musuh. Di masa itu, RX King Cobra sangat populer dan menjadi tren dengan kekhasan tangki yang dimilikinya. Spesifikasi RX King Cobra dalam mesin penggeraknya menggunakan 2 cooled dengan kopling begitu halus sehingga pada saat mengendarainya bagaikan memegang roti yang sangat empuk. Yamaha RX King Cobra dengan penambahan YEIS (Yamaha Energy Induction System) membuat penggunaan lebih irit. Kemudian dengan teknologi YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System) maka mesin bisa tahan lama hingga 5000 Rpm. Oli samping RX King Cobra berkapasitas 1 L dengan pengapian CDI yang bagus dan pelumasnya menggunakan autolube serta sistem starternya menggunakan kick.
Pada bagian sistem rem di roda depan menggunakan rem cakram dengan double piston sehingga tekanan yang diberikan ketika mengerem sangat spektakuler langsung berhenti. Apabila dalam kondisi roda berputar berkecepatan kurang lebih 40 km/jam jika mendadak mengerem bisa salto menjadi terbalik. Sedangkan dibagian roda belakang sistem rem menggunakan tromol dengan kualitas kampas rem yang tahan lama. Kemudian, headlamp yang berbentuk persegi menjadikan Yamaha RX King Cobra sangat eksotik untuk dilihat. Selain itu, bahan yang digunakan untuk sadel adalah spoon empuk dan tidak mudah sobek.

2.    Yamaha RX King Master (1995-2000)

Pada tahun 1995 hingga 2000-an RX King Master menjadi pengganti RX King Cobra. Masa milenium kedua ini, RX King Master sangat diburu oleh penggemar motor berkecepatan kilat. RX King Master keluaran tahun 1995 hingga 1997 sempat menggunakan teknologi YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System) yang terbaru. Teknologi YCLS ini menggunakan listrik dari aki namun pada tahun selanjutnya sudah tidak begitu digunakan lagi karena dianggap terlalu beresiko.
 
3.    Yamaha RX King versi Facelift (2001-2006)

Pada tahun 2001 hingga 2006 masa milenium ketiga muncullah RX King generasi ketiga dengan versi Facelift. Generasi ketiga juga menduduki derajat yang sama pada masanya. Banyak kalangan otomotif memburu RX King versi facelift yang sangat unik dan eksotik. Sebenarnya generasi ketiga tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Hanya saja desain RX King versi facelift memiliki khas pada headlamp yang berbentuk oval. Kemudin sistem rem pada bagian roda depan menggunakan kapiler double piston.
RX King versi Facelift memiliki 2 langkah mesin dengan pendingin udara berkapasitas 132 cc. Kapasitas tangki kurang lebih mencapai 9,5 liter dengan bodi tangki yang unik. Kemudian, skok depan menggunakan garpu teleskopik berbahan besi putih bersinar. Sedangkan skok belakang menggunakan double skokbeaker untuk memperkuar arm pada roda

4.    Yamaha New RX King (2006-2009)
Masa milenium keempat  generasi RX King muncul dengan type New RX King. evolusi New RX King terdapat pada headlamp berbentuk bulat sehingga jika dilihat dari arah depan bagaikan mata harimau yang hendak menerkam. Selain itu, knalpot didesain sangat unik dilengkapi dengan catalytic converter yang berfungsi untuk mengurangi asap yang berlebihan dan bunyi yang menjerit. Namun, keberadaan New RX King tidak begitu lama karena produksi dihentikan oleh Yamaha pada bulan Februari 2009 dan diganti dengan yamaha Scorpio.

Ingat saudaraku, hidup ini hanya sementara. jikalau sekarang kita terkenal jangan lupa dahulu kala juga ada orang terkenal yang mengukir sejarah!!!

0 komentar

Posting Komentar