Senin, 26 Desember 2016

Pisangku beda dengan Pisangmu!!!

Langkah Pena-Suburnya tanah Lumajang membuat berbagai tanaman tumbuh dengan baik, salah satunya adalah pohon pisang. Pohon pisang yang tumbuh di Lumajang membuat nama Lumajang dikenal dengan sebutan kota pisang. Tidak heran, jika kota Lumajang mendapat cap atau label kota pisang karena memang kota Lumajang sangat khas dengan berbagai macam jenis pisang. Pisang kota Lumajang sangat beranekaragam jenisnya sehingga apabila terdapat pengunjung yang datang ke lumajang yang sebelumnya belum pernah melihat berbagai macam pisang dipastikan akan tercengang dan merasa heran tujuh turunan.

Banyak pisang yang di jual di pasaran dengan kualitas yang sangat terjamin dengan tekstur warna pisang yang begitu eksotik membuat para pembeli ingin segera menyantapnya. Lumajang memiliki jenis pisang yang menjadi raja dipelbagai jenis pisang. Disamping ada pisang menjadi raja, Lumajang juga memiliki jenis pisang yang harganya setingkat di bawah berlian. 

Pisang khas Lumajang sangat banyak ditemui di wilayah perkebunan kecamatan senduro. Oleh sebab itu, jika sobat pergi ke lumajang jangan lupa mampir dan berkunjung di perkebunan pisang yang sangat luas di daerah senduro. Berikut berbagai macam jenis pisang yang terdapat di kabupaten lumajang dengan tekstur yang elegan menggairahkan:



1.    Pisang Agung (raja)
Pisang agung adalah pisang yang memiliki ukuran 3 kali lebih besar dari pisang biasa. Pisang jenis ini mirip dengan tanduk yang bentuknya besar dan panjang. Ukuran pisang agung yang sangat besar membuat orang yang melihatnya terkagum-kagum ingin menyantapnya. Disamping ukuran yang besar menjadi khasnya ditambah lagi dengan warna yang begitu eksotik membuat tampilan pisang raja bagaikan raja disegala jenis pisang. Pisang agung memiliki rasa yang khas dengan tekstur empuk sehingga sangat cocok dihidangkan pada waktu siang hari. Pohon pisang agung ketika berbuah dalam setiap tandannya terdiri dari 2 sisir yang memiliki jumlah maksimal 10-17 buah pisang. Berat pisang agung mencapai 10-25 kg per tandan dengan panjang mencapai 30-35 cm per buah pisang. Biasanya pisang agung ini sangat cocok untuk diolah dan diproduksi menjadi pisang goreng, keripik pisang, sale pisang dan lain-lain.


 
2.    Pisang Mas (kirana)
Pada tanggal 26 Desember 2005 Pemerintah kota Lumajang telah mengakui keberadaan pisang Mas dengan ditandai peresmian varietas unggul jenis pisang melalui surat keputusan menteri pertanian No. 516/Kpts/SR.120/12/2005 dan mendapatkan sertifikasi. Pisang Mas/kirana memiliki tekstur yang elegan dengan warna kuning cerah kemasan membuat orang tidak sabar memakannya. Kualitas rasa pisang mas sangat menyatu dengan lidah dengan kekhasan manisnya yang legit. Ditambah lagi tekstur buah yang empuk membuat gigi tidak sabar untuk mengunyahnya. Pisang mas dalam satu tandan biasanya mencapi 5-9 sisir yang berjumlah 18 buah persisir dengan berat 12-14 kg pertandan. Kemudian panjang pisang mas tiap buah kurang lebih 10-12 cm dengan diameter 3-4 cm.



3.    Pisang Uli
Pisang uli adalah pisang yang memiliki khas tandan memanjang dengan ujung pisang runcing. Warna pisang uli kuning kemerahan dengan rasa manis membuat orang yang melihat tidak sabar untuk menyantapnya. Biasanya dalam satu tandan pisang uli mencapai 100-150 buah dengan berat kurang lebih 10 kg. Pisang uli sangat cocok dihidangkan pada waktu siang hari. Manfaat pisang uli dapat menambah gizi, menyetop rontoknya rambut dan pengobat dehidrasi. Pisang uli dapat diolah menjadi berbagai macam menu makanan seperti es pisang uli, bolu pisang uli, molen pisang uli dan sebagainya.



Tunggu apalagi sobat, Yukkk ke Lumajang!!!

0 komentar

Poskan Komentar