Minggu, 25 Desember 2016

Jagalah matamu sebagaimana engkau menjaga kekasihmu

Mata adalah salah satu organ tubuh yang penting untuk kita jaga dan kita rawat. Oleh karena itu, kita harus merawatnya dengan baik agar kita tetap memiliki mata yang sehat dan normal. Dengan memiliki mata yang sehat dan normal kita dapat leluasa melihat indahnya pemandangan dunia ini. Kewajiban menjaga mata bagi setiap orang adalah sebuah keharusan yang sangat penting untuk dilakukan. Bayangkan sadaraku, jika mata kita tidak sehat dan tidak normal, aktivitas apa yang bisa kita lalukan? Mungkin berjalanpun kita akan susah apalagi melakukan aktivitas yang lainnya. Jika mata kita rusak sudah pasti kita akan sangat menyesal karena tidak bisa melihat indahnya pemandangan yang ada di dunia ini.
Saudaraku,  mulai detik ini marilah kita merawat mata yang masih sehat dan normal ini agar kita senantiasa dapat melihat dan menikmati indahnya dunia. Merawat mata sebenarnya tidak membutuhkan biaya yang mahal cukup kita mengubah pola hidup yang sebelumnya kurang baik mejadi lebih baik. Berikut beberapa tips dalam menjaga mata agar tetap sehat dan normal sebagaimana yang kita inginkan:


1.  Memperbayak makan buah dan sayur
Memperbanyak konsumsi buah dan sayur akan membuat mata semakin jernih dalam melihat. Salah satunya dengan mengkonsumsi wortel dapat menjaga kesehatan mata dengan baik. Wortel mengandung karoten yang berfungsi untuk mengakomodir kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan mata agar tetap sehat dan normal. Kemudian perbanyak konsumsi sayuran-sayuran hijau tua seperti bayam, daun pepaya, kelor, sawi. Sayuran hijau tua ini kaya akan zeaxanthin dan lutein yang dapat mencegah penyakit katarak pada mata. Kemudian konsumsi buah seperti jeruk, semangka, melon, durian, dan lainnya dapat meminimalisir debu yang masuk ke dalam mata sehingga mata tetap jernih.

2.    Atur jarak ketika membaca
Pada saat membaca (buku, koran, dan lain sebagainya) aturlah jarak sebaik mungkin. Idealnya jarak membaca yang baik kurang lebih 25-30 cm. Dengan jarak ini, maka lensa mata tidak terlalu berkontraksi lebih keras dalam melihat besar kecilnya tulisan itu. Namun, Jika membaca dalam waktu yang lama dengan jarak yang kurang 25 cm maka lensa mata akan berkontraksi lebih keras sehingga menyebabkan mudah lelah dan mudah ngantuk. Jika hal ini dilakukan secara terus meners maka akan berdmpak pada minus bahkan katarak. Sudut pandang yang ideal ketika membaca kurang lebih 60’ dan posisi leher beserta punggung tetep lurus.

3.    Atur waktu melihat komputer, gadget dan televisi
Menatap layar laptop atau komputer dan gadget jangan  terlalu lama, karena akan membuat lensa mata bekerja keras sehingga pencahayaan yang didapat akan berlebih dan menyebabkan mata cepat lelah, tidak fokus dan pusing. Beri jedah waktu melihat layar laptop atau komputer dengan cara melihat pemandangan luar kurang lebih selama 15-20 menit. Hal ini dilakukan, agar lensa mata dapat kembali ke kondisi awal yang masih fres  sehingga mata dapat bekerja dengan baik.

4.    Hindari mengucek mata berlebihan pada saat terkena debu (kelilipan)
Kebiasaan mengucek mata ketika terkena debu adalah hal yang kurang baik. Mengucek mata secara berlebihan dapat memberikan efek tekanan keras pada mata sehingga mengakibatkan buruknya penglihatan, menyebabkan kerusakan saraf, pembekakan pada kornea bahkan lama kelamaan akan mengalami kebutaan. Oleh sebab itu, jika mata terkena debu maka bersegeralah membasuhnya dengan air. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir tekanan  pada mata dan mencegah tergoresnya mata dengan jari.
 
5.    Jika tidur hindari melihat lampu lebih lama
Kebiasaan tidur dengan melihat lampu lebih lama menyebabkan mata berkontraksi lebih keras sehingga cahaya yang diterima mejadi berlebihan. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus akan berakibat pada rusaknya kornea mata, mempercepat degenerasi makula, membuat kanker mata tumbuh, kebutan dan penyakit-penyakit lainnya.

Saudaraku, tunggu apalagi mulai detik ini jagalah kesehatan mata dengan baik. Karena mata adalah sumber pengetahuan dan keindahan yang sangat berharga. Jika mata kita normal dan sehat maka setiap detik keindahan dunia ini bisa kita nikmati dan kita rasakan, tetapi jika mata kita bermasalah maka keindahan dunia ini hanyalah dongeng bagi kehidupan kita.

Sayangi matamu sebagaimana engkau menyayangi kekasihmu!!!

0 komentar

Poskan Komentar